Hari ini saya akan menjelaskan langkah - langkah penyetelan sekrup udara sistem idle pada karburator motor. Sekrup penyetel udara di dunia bengkel sering kali disebut baut penyetel angin - angin. Tugasnya adalah mengatur volume udara yang masuk agar perbandingan udara dan bahan bakar sesuai dengan Air Fuel Ratio (AFR).
Langkah - langkah penyetelan sekrup udara pada sistem idle pada karburator motor sbb:
1.
Sebelum anda melakukan penyetelan pada sekrup udara, sebaiknya setelan
gas pada karburator di buat agak tinggi agar mesin tidak gampang mati
pada saat penyetelan pada sekrup udara nanti.
2. Selanjutnya
putar sekrup penyetel searah jarum jam (kanan) sampai mentok, tapi
perlu diingat jangan sampai dikeraskan karena akan merusak komponen
karburator.
3. Langkah ketiga, putar sekrup melawan arah jarum
jam (kekiri)sampai di cari putaran mesin tertinggi. Pada saat putaran
mesin tertinggi bisa diartikan campuran bahan bakar dan udara paling
sesuai dengan AFR.
4. Jika putaran tertinggi mesin telah
ditemukan, kembalikan posisi setelan gas pada posisi semula (putaran
stasioner) dan penyetelan telah selesai dilakukan.....
Langkah
penyetelan sekrup udara ini juga bisa di terapkan pada motor yang di
modifikasi dengan merubah setingan pilot jet pada karburatornya.
Tetapi
pihak pabrikan sering kali memberi petunjuk penyetelan sekrup udara
dengan 2-3 putaran kekiri setelah mentok, misalnya 2 1/4 putaran
kekiri. Ini dimaksudkan untuk menjadi acuan mempermudah setingan bagi
pemilik motor yang ingin mensetting karburator motornya sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BUDAYAKAN SOPAN SANTUN DALAM BERKOMENTAR